Home | Looking for something? Sign In | New here? Sign Up | Log out

Sabtu, 27 Februari 2010

Memori Flash Fleksibel Organik

/ On : 01.32/ Terimakasih telah menyempatkan waktu untuk berkunjung di BLOG saya yang sederhana ini. Semoga memberikan manfaat meski tidak sebesar yang Anda harapakan. untuk itu, berikanlah kritik, saran dan masukan dengan memberikan komentar. Jika Anda ingin berdiskusi atau memiliki pertanyaan seputar artikel ini, silahkan hubungan saya lebih lanjut via e-mail di ricosaputra.5@gmail.com.

Para peneliti telah berhasil membuat sukar dipahami organik komponen elektronik: transistor memori flash yang dapat dimasukkan ke dalam tipis, lembaran plastik fleksibel.

Flash memory adalah apa yang disebut non-volatile memori yang dapat menyimpan informasi untuk waktu yang lama setelah listrik telah dihapus. Memori flash silikon transistor digunakan di banyak perangkat kecil seperti kamera dan MP3 player.

Namun, fleksibel menciptakan perangkat memori flash organik telah menjadi tantangan. Memori flash bergantung pada apa yang disebut ‘gerbang mengambang’, sebuah komponen melakukan transistor yang sepenuhnya ditutupi dalam bahan isolasi, gerbang dielektrik, mengisolasi itu elektrik. Terlepas dari isolasi, jika cukup tipis dielektrik, muatan listrik dapat dibawa ke gerbang apung dengan menerapkan tegangan yang cukup besar, sehingga biaya untuk ditransfer dalam cara yang kurang dipahami tetapi melibatkan kuantum diyakini tunnelling atau termal emisi. Gerbang apung yang terisolasi mempertahankan biaya untuk waktu yang lama – bertahun-tahun dalam kasus perangkat berbasis silikon – sampai muatan dihapus dengan menerapkan tegangan polaritas yang berlawanan. Kehadiran muatan pada gerbang apung mempengaruhi sifat elektronik transistor, yang dapat dideteksi.

Kesulitan untuk sistem organik telah mencari material yang sesuai untuk lapisan dielektrik yang dapat dibuat cukup tipis untuk memungkinkan transfer biaya ke gerbang apung, belum bisa diproses pada suhu yang cukup rendah untuk mencegah substrat plastik di mana transistor organik sedang berkumpul di dari meleleh – biasanya sekitar 150 ° C.

Sekarang, para peneliti dari Jepang, Jerman dan Austria telah berhasil mengidentifikasi cara untuk menciptakan dielektrik yang cocok dan telah membuat sebuah array dari memori flash 676 transistor organik pada selembar tipis, plastik fleksibel. Dibangun tim dielektrik lapisan tipis dari dua komponen – self-monolayer berkumpul octadecylphosphonic n-asam, yang 2nm tebal, dan 4nm lapisan aluminium oksida, dicapai oleh oksidasi permukaan aluminium yang merupakan gerbang mengambang itu sendiri. Dengan cara ini gerbang apung terisolasi oleh dielektrik hanya 6nm tebal.

Penting, gerbang apung dapat diprogram dan dihapus oleh beda potensial hanya 6V, mirip dengan perangkat berbasis silikon. Sistem memori organik lainnya memerlukan tegangan secara substansial lebih besar dari ini.

Tsuyoshi Sekitani anggota tim dari University of Tokyo mengatakan, “Sementara terapung-gerbang silikon transistor sangat baik untuk tinggi kerapatan penyimpanan data, fleksibel organik floating-gerbang transistor berpotensi besar berguna untuk daerah dengan sensor dan aktuator non-volatile terintegrasi kemampuan memori . Sekitani mengatakan bahwa tantangan berikutnya adalah untuk meningkatkan retensi memori saat – saat ini sekitar satu hari – dan untuk membuat transistor lebih kecil.

Mohammed Mabrook, yang meneliti perangkat memori organik di Bangor University di UK, sangat terkesan dengan penelitian. “Ini karya fantastis,” katanya. “Apa yang mengesankan adalah bahwa mereka telah mencapai tegangan operasi di bawah enam volt sedangkan transistor memori organik lainnya membutuhkan sekitar 30 volt.” Membuat sebuah array transistor bukan hanya satu pun juga sebuah prestasi, katanya, karena penting bagi perangkat daerah besar seperti display.

0 komentar:

Posting Komentar

Featured Video

WELCOME TO http://ricopengetahuan.blogspot.com/ ....

INTERNET TEKNOLOGI